terça-feira, 28 de julho de 2009

Bagaimana dengan manusia pada umumnya?

(As irmãs Missionárias Servas do Espírito Santo trabalham na defesa dos Direitos Humanos. Na imagem mostra o trabalho das irmãs em Slovakia)

Bagaimana dengan manusia pada umumnya? Yang seharusnya ditakuti justru tidak ditakuti, yang seharusnya dihormati justru tidak dihormati, yang harus membayar pajak justru berkelit dari kewajibannya. Sungguh amat kasihan! Kadang-kadang saya berpikir, orang Asia sangat pelit dalam menghargai dan memuji orang lain. Khususnya orang-orang yang lebih muda darinya. Untuk apa saya menghargai dia? Tidak memakinya habis-habisan saja sudah bagus.

Bila orang lain meraih kesuksesan, dan kau menanyakan bagaimana pendapatnya? Orang asing (Barat) akan berkata, memang dia pantas menerima. Artinya dia menghargai hak orang lain, memberikan apa yang pantas dia dapatkan. Kiranya Tuhan menolong kita, supaya kita takut pada Allah di dalam hal-hal seperti ini, memahami hak yang telah Allah tetapkan bagi manusia, dan menunaikan kewajiban kita dengan baik. Tidak perlu takut air bah atau gelombang dunia ini akan melenyapkan kehendak Allah yang kekal. Itu tidak mungkin terjadi. Khususnya bagi kita yang hidup di akhir abad ke-20 ini, abad yang menjadi tempat praktek bagi ideologi manusia, abad di mana kita beroleh pelajaran yaitu orang-orang yang menyebut diri sebagai orang modern ini ternyata berlaku begitu bodoh, memasukkan dirinya jerat yang salah. Namun tak perlu takut, Allah masih tetap duduk di atas tahta-Nya.

Sem comentários: